Kurikulum


Kurikulum

Kurikulum MAN Tarakan


Kurikulum dan Pembelajaran


Kurikulum merupakan bagian yang sangat penting dalam lembaga pendidikan. Proses pencapaian tujuan lembaga pendidikan bergantung pada kurikulum yang digunakan. Kurikulum madrasah harus dikembangkan secara terarah, terpadu, dan sistematis, dengan harapan peserta didik dapat tumbuh kembang mandiri dan mendapatkan pendidikan dan bimbingan dari guru yang penuh perhatian dan bermotivasi tinggi, didukung oleh keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan suasana belajar dan proses Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAI KEM).


Pengembangan kurikulum dan pembelajaran MAN Tarakan dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Mengembangkan budaya madrasah yang peduli lingkungan dan mengedepankan nilai-nilai Agama Islam dan nilai luhur bangsa;
  2. Menerapkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan serta cara belajar peserta didik;
  3. Menerapkan model pembelajaran abad 21;
  4. Melibatkan peran serta keluarga, masyarakat sekitar, dan pihak-pihak lainnya.

MAN Tarakan melaksanakan kurikulum nasional yang ditetapkan oleh pemerintah yang dimodifikasi sesuai dengan visi, misi, tujuan dan target madrasah yakni berupa penguatan konsep dasar penguasaan pada IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

TOLAK PUNGLI

WHISTLEBLOWING SYSTEM

KAWASAN ZONA INTEGRITAS

NO GRATIFICATION

ALUR LAYANAN PTSP

MAKLUMAT LAYANAN PTSP